Strategi & Sasaran


Sasaran Fakultas Teknik disusun sejalan dengan rencana strategis (renstra) Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon. Sasaran dirumuskan untuk mencapai tujuan program studi yang dikelompokkan dalam beberapa kategori program yaitu:

1) Pendidikan dan Pengajaran,
2) Keilmuan dan Penelitian,
3) Pengabdian Kepada Masyarakat,
4) Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni,
5) Sumber Daya Manusia,
6) Keuangan, Sarana dan Prasarana,
7) Organisasi dan Manajemen,
8) Teknologi Informasi dan
9) Kerjasama/kemitraan dengan instansi maupu industri.

Untuk merealisasikan sasaran pada setiap katagori program fakultas, maka dirumuskan strategi sehingga sasaran dapat tercapai dengan baik. Strategi dituangkan dalam rencana operasional program kerja yang dievaluasi dalam rapat kerja tahunan.

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran dengan sumber daya yang inovatif melalui sistem  pembelajaran. Pencapaiannya dilakukan dengan mengavaluasi, memperbaharui metode pembelajaran, pemanfaatan teknologi sebagai alat pembelajaran secara selektif.
  2. Memperbaharui sistem manajemen pelayanan akademik. Pencapaiannya dilakukan dengan mengoptimalisasi sistem akademik dengan perencanaan kendali dan pembaharuan sistematika program studi. Sehingga akan membantu mahasiswa dalam proses mempersingkat masa studi dan atau lulus tepat waktu dengan tetap mempertahankan mutu lulusan.
  3. Meningkatkan fasilitas proses belajar mengajar, baik peningkatan dalam laboratorium komputasi, perpustakaan dan asset pembelajaran lainnya. Sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian berbasis potensi lokal. Dengan demikian, akan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan stakeholder lokal sebagai pemangku kepentingan lainnya.
  4. Pemberdayaan kemampuan mahasiswa dalam bidang kecakapan lainnya dalam rangka persiapan diri dalam berkompetisi di dunia kerja. Hal ini dilakukan dengan memberi ruang dan kesempatan mahasiswa dalam melakukan kegiatan penelitian dan pembelajaran lainnya untuk peningkatan kualitas lulusan nantinya.
  5. Menghasilkan penelitian dosen minimal 1 setiap semester per dosen
  6. Menghasil pengabdian minimal 1 per team setiap semester.
Strategi pencapaian kualitas pendidikan 2015-2020 yaitu.
1. Pengembangan dosen :

a. Peningkatan kualifikasi dosen dengan melakukan studi lanjut ke jenjang S2/S3

b. Meningkatkan keikutsertaan sumber daya manusia (tenaga pengajar atau tenaga administrasi) dalam forum pengembangan kualitas diri dan juga forum ilmiah di dalam maupun luar     universitas.

c. Sosialisasi dan peningkatan semangat melaui pemberian intensif bagi tenaga pengajar maupun laboran dalam melakukan penelitian dan pengabdian. Sehingga diharapkan tenaga pengajar Progra Studi Teknik Informatika dapat meningkatkan tulisan karya ilmiah dan juga peningkatan kemitraan dengan stakeholder dalam rangka pengabdian masyarakat.

d. Peningkatan fasilitas peralatan akademik, sarana dan prasarana akademis dosen dalam proses belajar mengajar. Sebagai salah satu penunjang utama dalam kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lainnnya.

2. Pengembangan mahasiswa dan lulusan :

a. Mengevaluasi kurikulum dan melakukan Peninjauan minimal 2 tahun sekali yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna (Stakeholder) lulusan Teknik Informatika.

b. Melaksanakan sistem pembelajaran yang menghasilkan lulusan berkompetensi khusus bidang Teknik Informatika dan berkompetensi umum seperti kewirausahaan.

c. Membangun suasana akademis yang terpadu antara kegiatan kurikuler dan non kurikuler, seperti fasilitasi publikasi ilmiah, Praktek Kerja Lapangan (PKL), Bimbingan dan utusan Mahasiswa dalam forum ilmiah.
d. Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri, diskusi ilmiah, seminar nasional, workshop dan kuliah umum.

e. Memfasilitasi perkembangan minat dan bakat Mahasiswa secara keorganisasian dan individu melalui kegiatan dibidang kesenian dan olah raga.

f. Memfasilitasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam mengadakan kegiatan perlombaan, pameran dan forum diskusi ilmiah.

g. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan instansi swasta dalam penyaluran lulusan.

3. Sarana dan Prasarana :

a. Peengembangan ruang staf di Fakultas di setiap program studi, ruang dosen, ruang pertemuan.
b. Menyediakan layanan akses internet secara gratis melalui jaringan Wi-Fi.
c. Meningkatkan kualitas layanan diperpustakaan melalui digital library untuk karya ilmiah seperti skripsi dan lap pkl mahasiswa.
d. Pemanfaatan sarana dan prasarana secara optimal.

4. Kerjasama dan kemitraan dengan pihak eksternal dan Alumni :

a. Peningkatan kerjasama dengan instansi pemerintah, instansi swasta dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta lainnya.
b. Menjalin kerjasama dengan alumni untuk penyaluran lulusan, perbaikan kurikulum dan dukungan sarana.Pengembangan organisasi dan manajemen.

5. Pengembangan organisasi dan manajemen.

1. Membentuk team penjamin mutu ditingkat fakultas dan program prodi untuk menjamin kualitas administrasi
2. Pembuatan standar kebijakan secara priodik
3. Mendatangkan tean audit manajemen dan keuangan untuk menjamin pelaksaan organisasi yang efektif ,transaran dan akuntabel